Cara Menulis Artikel Berkualitas

Posted by Anonim Sabtu, 18 Mei 2013 2 komentar
kualitas artikel Halo kawan blogger semua, apa kabar? Semoga baik dan sehat ya. Dalam kesempatan kali ini, saya akan membagi informasi berguna seputar artikel berkualitas. Artikel berkualitas memang penting dalam kemajuan suatu blog. Karena jika artikel berkualitas, maka pembaca akan lebih rajin mengunjungi blog. Tapi perlu diingat, artikel berkualitas berbeda dengan artikel seo.

 Artikel berkualitas adalah artikel yang ada untuk para pembaca. Sedangkan artikel seo adalah artikel yang ada untuk membuat artikel menjadi lebih cepat terindex di mesin pencari.

 Dalam artikel berkualitas, kita tidak boleh hanya menulis artikel bagus, lalu selesai. Jika itu dilakukan, maka sia-sia usaha kawan membuat artikel berkualitas. Jadi, artikel berkualitas juga perlu dioptimasikan. Jadi, dalam menulis artikel berkualitas, ada 2 faktor. Pertama faktor penulisan dan kedua faktor optimasi.

 Faktor penulisan artinya faktor bagus atau tidaknya penulisan dalam sebuah artikel. Artinya, faktor penulisan adalah faktor agar  membuat artikel menarik, lengkap, dan memiliki nilai plus. Bagaimana tips agar membuat artikel yang  berkualitas dari faktor penulisan? Tipsnya adalah sebagai berikut:

1.Artikel Yang Original

 Artikel original merupakan hal yang terpenting dalam penulisan artikel berkualitas. Artikel original berarti artikel yang bukan hasil dari copas (copy-paste). Dengan membuat artikel original, para pembaca akan lebih senang membaca di blog kita. Karena blog original mempunyai ciri khas sendiri. Artikel yang hasil copas juga  tidak disukai oleh google, dan blog bisa dihapus. Karena itu, buatlah artikel yang original.

2. Judul Yang Menarik

 Judul yang menarik merupakan hal pertama dalam menulis artikel. Dengan penulisan judul yang menarik, maka para pembaca akan lebih tertarik. Jika para pembaca tertarik, pengunjung kan meningkat. (nyambung kan.) oleh karena itu, kita harus membuat judul artikel yang menarik. 

 Untuk membuat judul menarik, ada rumusnya. Lho, kok ada rumus, seperti matematika saja, pasti ribet deh? Mungkin itu pertanyaan dari kawan-kawan. Tetapi, rumus yang satu ini gampang kok. Rumusnya adalah menolong+objek+tambahan. Mudah kan, sekarang mari kita bahas unsur-unsur berikut.

 a.menolong artinya kata yang memberikan pemecahan suatu masalah. Kata yang menolong contohnya: cara, 
tips, dll. Dengan ini, para pembaca merasa masalahnya akan terselesaikan dengan membaca artikel tersebut.

b.objek artinya kata yang menjadi topik dari unsur menolong. Misalnya isi artikelnya tentang menulis artikel seo, maka objeknya artikel seo. Jadi, jika digabungkan dengan  unsur menolong, maka menjadi {cara/tips menulis artikel seo.}

c.tambahan artinya kata yang membuat pelanggan menjadi lebih bersemangat untuk membaca. Dengan kata tambahan, para pembaca akan lebih ingin membaca artikelnya. Contoh kata tambahan adalah jitu, mudah, mantap, dll. Jadi, jika unsur menolong, objek, dan tambahan digabungkan akan menjadi 
{-cara-  -jitu- -menulis artikel seo-.}

 3.Artikel Yang Komunikatif

 Artikel yang komunikatif artinya posting yang membuat kita serasa berkomunikasi dengan para pembaca. Misalnya dengan menyapa para pembaca dalam posting,dll. Ini merupakan cara agar para pembaca tidak bosan membaca artikel yang gaya bahasanya sangat baku. Jadi cobalah buat artikel yang komunikatif agar pembaca lebih merasa santai dalam membaca posting artikel.

4.Artikel Yang Lengkap

 Artikel yang lengkap memang unsur yang harus ada dalam artikel berkualitas. Dengan artikel lengkap, maka para pembaca akan sangat terbantu. Cara membuat artikel yang lengkap adalah buat artikel yang semaksimal mungkin berdasarkan pengetahuan. Jika merasa pengetahuan kurang lengkap, cobalah lengkapi dengan terus mencari kelengkapannya. Dalam membuat artikel lengkap juga bisa ditambahkan dengan memakai gambar-gambar pendukung.

  Tips dari faktor pertama sudah saya jelaskan. Sekarang, kita beralih ke faktor kedua,yaitu optimasi artikel. Optimasi artikel merupakan cara untuk mempromosikan artikel. Faktor ini sangat penting. Karena percuma jika penulisan artikel bagus tetapi promosi yang kurang. Karena itu, ayo kita promosikan artikel dengan tips-tips sebagai berikut:

1.Blogwalking

 Blogwalking juga penting untuk mempromosikan artikel kita ataupun bisa meminta pendapat dari blogger lain. Caranya, kawan hanya perlu mengunjungi artikel dengan topik yang sama seperti blog kawan. Misalnya blog kawan berisi tentang tips blog, maka cari blog yang berisi tentang tips blog. Setelah itu, coba berkomentar di salah satu postingnya dan minta juga blogger tersebut memberikan saran terhadap blog kawan.

2.Promosikan Lewat Berbagai Situs

 Mempromosikan blog dari berbagai situs sangat bagus untuk meningkatkan pengunjung blog. Untuk tips-tips promosi bisa dilihat di posting blog saya, cara membuat blog terkenal.




 



  Nah kawan, mungkin hanya itu saja yang bisa saya sampaikan. Terima kasih telah membaca dan semoga artikel tentang cara menulis artikel berkualitas ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan, tambahan, dll. Silahkan berkomentar. Saya juga mengharapkan kawan mempromosikan artikel ini dengan klik logo facebook/twitter di bawah postingan.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Menulis Artikel Berkualitas
Ditulis oleh Anonim
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://blogseputar.blogspot.com/2013/05/menulis-artikel-berkualitas.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

2 komentar:

Slashky Gitaris mengatakan...

halo gan, salam kenal....makasih mas, artikel sangat bagus dan bermanfaat... semoga ke depan semakin banyak artikel blog yang berkualitas.

Unknown mengatakan...

@sergius salam kenal juga mas sergius.. wh.. saya senang sekali artikel ini dapat bermanfaat bagi mas sergius..

Posting Komentar